Home » » TENTANG PS4

TENTANG PS4

TENTANG PS4




"Hari ini kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana Sony membuat pertaruhan besar, dengan memperkuat ekosistem di PlayStation," ujar President and Group Executive Officer Sony Computer Entertaimen Inc. (SCEI) Andrew House, saat membuka acara.

Ekosistem yang dimaksud sebagai House itu adalah fitur-fitur yang terintegrasi, baik secara online maupun dengan perangkat Sony lainnya. Berikut beberapa fitur yang disajikan di PS4, seperti detikINET kutip dari Bussines Insider, Kamis (21/2/2013).


DualShock 4

Kontroller yang dibuat untuk PlayStation 4 diperbaharui dari generasi sebelumnya. Disebut sebagai DualShock 4, alat ini disematkan fasilitas tambahan seperti touchpad, headphone jack, dan semacam bar yang bercahaya untuk mengidentifikasi pemain.

Selain itu, ada juga aksesoris tambahan berupa kamera untuk melacak pergerakan kontroller. Adapun touchpad yang ada di PlayStation 4, mirip fungsinya yang ada di PlayStation Vita.


Social

Pengalaman PlayStation 4 yang makin terhubung dengan internet, akan membuatnya lebih banyak mendukung ke jejaring sosial. Salah satunya, pemain bisa meng-upload video dan membaginya ke teman yang lain.

Dengan PlayStation Network, kini pengalaman ke Facebook dan Ustream juga lebih terintegrasi.

Teknologi Gaiki

Demi mendapatkan pengalaman yang lebih dalam bagi para penggunanya, PlayStation 4 menawarkan fitur untuk memungkinkan user mencoba game yang diinginkan sebelum membelinya.

Semua itu bisa dilakukan berkat apa yang disebut Gaiki Technology. Sayangnya belum ada penjelasan lebih jauh mengenai fitur ini.

Remote Play

Dengan fitur ini, pemain dimungkinkan bermain game PlayStation 4 di perangkat mobile. Sebagai awal, dimulai dengan konsol game portabel PlayStation Vita. PlayStation 4 akan bertindak layaknya server dan game kemudian dapat dimainkan di Vita.

Bukan tidak mungkin, ke depannya, perangkat mobile yang lain akan mendapatkan dukungan yang serupa. Seperti smartphone.

Playstation 4 akan dipersenjatai dengan CPU X86, termasuk peningkatan GPU, RAM berkecepatan tinggi hingga 8GB dan penyimpanan HDD lokal.

Sedangkan kehadirannya akan datang pada musim liburan atau pertengahan tahun 2013 mendatang. Belum diketahui berapa harga yang dibanderol untuk PlayStation 4 ini.


-------------------------------
Sony memang belum memamerkan bentuk nyata dari perangkat ini. Spesifikasi yang disebutkan pun masih belum terlalu detil.

Namun, melalui rilis pers resminya yang dikirimkan ke beberapa media, Sony membeberkan spesifikasi detil yang akan mempersenjatai PS4 ini.

Dikutip dari Engadget, Kamis (21/2/2013), PS4 akan dilengkapi dengan prosesor dengan nama "Jaguar". Prosesor tersebut dibangun oleh AMD, memiliki 8 core 64-bit, dan arsitektur x86.

Dari sisi grafis, PS4 dilengkapi dengan graphics card (GPU) dari Radeon. Tidak disebutkan secara detil jenis GPU yang digunakan. Namun, Sony menjabarkan, GPU ini mengandung 18 compute unit yang mampu menghadirkan kekuatan proses hingga 1,84 Teraflops untuk kepentingan grafis, pekerjaan simulasi, atau kombinasi di antara keduanya.

Dari segi memori, perangkat ini menggunakan RAM GDDR5 sebesar 8GB yang mampu menyediakan bandwidth sebesar 176GB per detik.

Sama seperti PS3, konsol baru ini menggunakan mesin pemutar cakram berjenis Blu-Ray dengan kecepatan 6x. Apabila digunakan untuk memutar game DVD, kecepatan drive ini akan meningkat menjadi 8x.

Selain itu, PS4 juga dilengkapi dengan WiFi 802.11n, USB3.0, Bluetooth 2.1, HDMI, optical out, dan output analog AV.

Harga PS4 hingga saat ini masih menjadi misteri. Namun, Sony berjanji untuk mulai memasarkan perangkat ini mulai musim liburan atau akhir tahun 2013.
------------------------

Sony akhirnya membuka tabir misteri konsol gaming generasi terbarunya, PlayStation (PS) 4, dalam sebuah acara yang berlangsung pada Rabu malam waktu New York, AS, atau Kamis (21/2/2013) waktu Indonesia.

Hingga saat ini, Sony masih belum memamerkan bentuk dari perangkat ini. Namun, Sony sudah memberikan sedikit bocoran dari segi spesifikasi yang akan diusung oleh PS4.

Menurut Mark Cerny, pemimpin tim arsitek sistem, PS4 akan berbasiskan arsitektur PC. Produk ini akan dipersenjatai prosesor berbasis X86, graphics card (GPU) dengan gaya PC, dan memori unified 8GB GDDR5.

"Ini adalah sistem yang kuat dan mudah untuk diakses (accessible), dan perangkat tersebut memiliki fitur yang dalam untuk mendukung evolusi game," kata Cern.

Dikutip dari Kotaku, Kamis (21/2/2013), Sony juga memperkenalkan controler baru yang dibuat khusus untuk PS4 ini. Controler tersebut dinamakan DualShock 4.


DualShock 4 dilengkapi dengan touchpad, mirip dengan yang diaplikasikan oleh Sony pada PS Vita.

Di bagian tengah atas, terdapat sebuah komponen yang mampu memancarkan cahaya. Warna pendaran cahaya tersebut mirip dengan controler gerak Sony, Move. Nantinya, dengan memanfaatkan kamera 3D yang akan dilengkapi pada setiap PS4, controler ini juga dapat digunakan untuk mengenali gerakan si pemain.

Kotaku Fitur share.

Di bagian atas controler terdapat sebuah tombol yang dinamakan "Share". Dengan menekan tombol tersebut, pengguna dapat membagikan cuplikan game yang dimainkan secara streaming kepada pemain lain.

Para pengguna juga dapat memainkan game PS4 melalui PS Vita dengan sebuah fungsi yang disebut sebagai "Remote Play".

Sudah ada beberapa pihak pengembang game besar, seperti Square Enix dan Ubisoft, yang menyatakan dukungannya terhadap PS4 ini.

Sony belum mengumumkan harga dari PS4 ini. Namun, perusahaan raksasa elektronik asal Jepang ini berjanji untuk menghadirkan perangkat tersebut pada musim liburan atau akhir tahun 2013.

0 comments:

Post a Comment

Histats

Popular Posts

Labels